Langsung ke konten utama

Penipuan PT.ITK (Inti Tama Karsa)



Menarik memang kalau dengar PT satu ini,Saya pernah punya pengalaman yang menarik dengan PT ini. Jika kita mencari dengan keyword PT Inti Tama Karsa maka akan muncul tampilan seperti ini :


PT. ITK Ini adalah nama yang sangat sakral bila kita cari dipencarian Google. Saya akan bercerita tentang sedikit pengalaman saya dengan PT ini. Dulu pada saat saya baru lulus kuliah, Saya memberanikan diri untuk mengadu nasib di Jakarta, dan di sana saya tinggal bersama Ayah. Singkat cerita saya melamar kerja melalui internet dimana saya menemukan sebuah nama PT yang sudah besar dan terkenal. Melihat ada kesempatan berkarir disebuah perusahaan besar maka saya pun mendaftar dengan harapan mendapatkan panggilan. Ya benar saja! sehari setelah melakukan pendaftaran saya mendapatkan SMS untuk mengikuti interview. Anehnya panggilan itu dikirimkan melalui sms dengan deskripsi lokasi yang belibet. dari sini ke sini dari sini ke mari..

Pada pagi harinya pun saya datang untuk mengikuti interview dan disuruh bertemu dengan  Ibu-ibu entah nama aslinya siapa karena dia ternyata sering ganti-ganti nama. Singkat cerita saya masuk ke ruangannya dan dia menanyai hal-hal biasa seperti interview pada umumnya. namun diakhir sesi Ia memerintahkan saya untuk membayarkan uang DP agar bisa diterima diperusahaan tersebut. Waktu itu kebetulan saya hanya membawa Rp.150.000 saya pun menyetorkannya dan padahal biaya pelunasan kata dia adalah RP.606.000. Namun dia tetap menerimanya dan saya bilang akan melunasi kalau saya lolos dalam tahap berikutnya. Terang saja hari berikutnya saya disuruh datang untuk interview dengan Managernya..

Hari kedua saya datang kembali dan bertemu dengan Managernya  kemudian diberi perincian gaji dan tunjangan yang akan saya dapatkan saat bekerja nanti. Fix saya akhirnya melunasi pembayaran RP.606.000 (Saat tahun 2012), kemudian saya menerima surat training sekaligus denah lokasi training yaitu di JL.Raya Kalibata. Begini tampilan kantornya yang mirip gudang beras.

Dari situ saya baru tahu ternyata PT ini sudah sangat hist di internet, berarti praktek penipuan itu sudah berlangsung sebelum tahun 2012, dan korbannya juga banyak sekali. Karena sudah terlanjur membayar maka saya pun mencoba untuk mengikuti trainingnya. Namun ternyata bukan training yang kita dapatkan, ternyata cuma presentasi yang dilakukan motivator abal-abal dari sesi ke sesi. Kita hanya mendengarkan ceramah dari pagi sampai siang, tidak seperti training yang layaknya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terhadap karyawan barunya. Dari sini saya mencoba mencari teman dan saya mendapati beberapa orang dan mengabarkan bahwa PT ini adalah penipu. Seketika mereka syok dengan kenyataan yang baru saya katakan. Untuk meyakinkan diri mereka pun mencoba browsing dengan nama PT inti tama karsa tersebut.

Setelah hari itu kami sering berkumpul dan merencanakan untuk melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya Jakarta. Untuk mengetahui bagaimana kerja yang dilakukan di PT ITK salah satu teman tetap masuk dan ternyata setelah training mereka disuruh untuk membuat iklan-iklan loker diberbagai media. Di internet, koran, brosur, ataupun iklan tempel dijalan-jalan. Hal ini terpaksa mereka lakukan untuk mengembalikan uang yang sudah mereka setorkan ke PT itu.

Namun kami dan teman-teman memilih untuk tidak datang ke kantor setelah acara training kemarin. Hati nurani kami berbicara untuk tidak menjerumuskan orang lain dengan apa yang telah kita alami dan hal itu hanya akan terus menjadi rantai yang tak akan putus jika mengikuti hal terkutuk tersebut. Kami datang ke Polda Metro Jaya dan melaporkan hal tersebut dengan membawa bukti-bukti. Saya pun disana bertemu dengan seorang pengacara yang ternyata beliau juga menjadi korban penipuan di PT yang sama. Dengan iming-iming dia akan dijadikan manager. Ternyata banyak kalangan yang sudah tertipu baik dari masyarakat biasa yang tanpa gelar sampai dengan gelar doctor juga bisa menjadi korban. Namun hingga kini ternyata PT Inti Tama Karsa ternyata masih beroprasi. Saya heran sekali karena saya dapat laporan dari teman saya yang sedang mencari pekerjaan mendapat kiriman SMS seperti ini :

Mirip seperti yang saya terima pada tahun 2012 dulu, dan lokasinya pun sama persis. Saya pun langsung teringat dan menulis artikel ini. Temanku bilang dia mendapatkan info lowongan kerja dari temannya. seperti ini :
Lowongan itu dipajang dikaca sebuah kantor, dan mengambil brand perusahaan yang bonafit. Dengan imbalan yang tinggi serta proses cepat pastinya banyak yang berminat untuk mendaftar dan akhirnya terpedaya oleh info lowongan tersebut. Sekarang di tahun 2017 saya sangat heran dengan eksistensi PT ini, padahal sudah banyak laporan dan lokasinya juga sudah ada dalam laporan tapi kenapa masih saja dengan leluasa menipu orang-orang yang sedang membutuhkan pekerjaan? Apa yang terjadi dengan aparat kita? Departemen tenaga kerja di Indonesia ini? Padahal lokasinya juga di Jakarta. Kenapa kasus sudah lama sekali dari 2012-2017 masih belum tertangani dan PT ini masih bebas melakukan praktik penipuan ini?

Untuk teman-teman yang khususnya sedang mencari pekerjaan dan sedang sangat membutuhkan pekerjaan. Sebaiknya kalian selalu check and rechack setiap panggilan kerja yang kalian terima. Jangan sampai menjadi korban dari PT jahanam tersebut.

Komentar


  1. Iea benar sy salah satu korban ya. Pda tgl 17,11,17 saya mencari kerjaan drever di internet teryata saya dapet dan persaratan ya pas buat saya. Dan saya melamar lewat sms. Lalu di balas seperti ini. Panggilan interview kerja dari ibu veronica diharapkan. Hadir untuk interview yg dilaksanakan pada.
    Hari: saptu,18.11.17
    Jam: 7.30 s/d 13.00
    Alamat:
    Jln.pegambiran no 47 rawamangun
    Jakarta timur.
    Pokoknya; dari pintu keluar terminal rawamangun jln kaki ke arah alfamart, lurus 20m dr alramrt persis di samping bukopin dan di di samping pasar rawamangun.
    Sampaikan kerepcepsionis sudah ada janji dengan ibu veronica harap hadir bls ok jika bersiap hadir.
    Pd tgl 18_11_17 saya datang dan interview langsung lalu sya di pinta uang 500 ribu sy bilang sy gk ada uang trus dia bilang dp aja duluk brapa aja ya dah w ada duit 20ribu teryata di terima aja tu duit ya. Ke esokan hari ya saya dalang lg bawa uang kekurangan ya. Lalu saya bertemu dngn pimpinan lalu saya di iming2 jagih yg besar lulu saya tergiur dengan gajih ya. Eh malah pimpinan ya blng klau di suruh bayar biaya trening lagi rp 489ribu. Lalu saya pulang. Truss mb w nanyak gimana dah di terima blm sya bilng udah tp di suruh bayar lg untuk trening ya. Mb w bingung mau cari pinjaman ke mn lg. Akhir ya dapat jdi w berangkat lg untuk lunasin ke kurangan ya sampek sana sy langsung menghadap pimpinan ya. Tanpa basa basi dia menayakan udah bawa kekurangan ya. Sy jawab udah. Langsung sya di suruh tanda tngan diatas matray yg gk w tau isi ya apa. Akhirya saya di pinta duit 20rb untuk biaya matrai. Abis itu sy langsung menuju alamat untuk trening. Di x bata depan halte pomad. Ahir ya sy sampai sana bayak kawan2 jg di sana yg sudah datang. Akhir ya sy masuk untuk mengikuti trening dan di periksa jangn ada hp yg on diharus kan of alasan ya dia gk mau pas lg di dalam ruangan trening ada yg bunyik suara hp. Dan yg gw bingung w ngelamar sbagai drever kok trening ya dalam ruangan dan dengerin ocehan yg gk jelas. Tau ya ujung2 km di pintain duit lg 150rb lg dan besok disuruh hadir di tmpat yg berbeda lg. Ya dah ahir ya w pulang eh abang w bilang apa man nm pt ya w bilang pt inti tama karsa lu abang w brosing cari tau langsung dia bilng man di yutub bayak yg kena tipu. Akhir w w penasara w brosing dan ter yata bayak berita ya dan banyak yang kena tipu. Tp w heran itu pt penipuan diri thn 2012 tp banyak yg belum tau. Sampai skarang kemana ktaya daerah kita daerah hukum tp ini kok bebas menipu dengan luas ya lg di mna2 jd kemana ni aparat kita selama ini w dah banya keluar duit malah akhir ya kena tipu gini. Tolong pak polisi tindak lanjutin ksus ini kasian dah banyak orang yg ketipu dengan pt ini

    BalasHapus
  2. Aku baru kena tipu di tahun 2018 udah ngeluatin duit 200 ribu. Jahat banget mereka itu.

    BalasHapus
  3. Maaf lak mau nanya ini penipuan atau tidak ?
    *PT BINA CENTRAL ABADI*

    ​​​​Dengan Hormat,​​​​
    ​​​​Sehubungan dengan ada informasi lowongan kerja yang kami berikan maka dengan ini kami mengundang anda untuk Interview pada:​​​​
    ​​​​
    ​​​​Hari/Tgl : senin, 19 November 2018
    ​​​​Pukul : 08:00 s/d 14:00

    Bertemu IBU PERMATA ( *Hrd Personalia)*

    ​​​​ALAMAT SELEKSI & INTERVIEW :​​​​
    JL.PENGAMBIRAN NO 47 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

    Patokan Kantor:
    Dri Pintu keluar terminal rawamangun jalan kaki ke arah alfamart lurus 20M dri alfamart persis di samping Bank Bukopin dan Di samping Pasar Rawamangun

    ​​​​FASILITAS:
    - Gaji UMR/bisa nego gaji
    - uang makan
    - uang transport
    - lembur
    - tunj. Jabatan
    - bpjs / asuransi
    - bonus tahunan
    - jenjang karir
    - mess karyawan

    ​​​​NOTE:
    -Jika Berkas Lamaran Yang Belum Lengkap Bisa Menyusul
    -Penempatan kerja di kantor/pabrik. Diupayakan Wilayah Cabang Domisili (JABODETABEK & JABABEKA)

    ​​​​Harap konfirmasi​​​​ kesiapan anda dengan membalas
    #NAMA ANDA # BERSEDIA HADIR"​​​​

    NB: KAMI BUKAN YAYASAN ATAU PENYALUR!!! LEGALITAS RESMI DARI DEPNAKER.

    *Terimakasih* 🙏🏻🙂

    BalasHapus
  4. Saya juga sama kena tipu tapi tahun 2013 dulu di pinta 870 ribu, , tpi saya ikhlas biar allah yang membalas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Rangkulan Kroya

Kapan pedagang pecel menjadi ”bumbu” keramaian di Stasiun Kroya, Cilacap, Jawa Tengah? Entahlah. Namun, diyakini, mereka ada sejak Stasiun Kroya beroperasi tahun 1887.  Sejatinya, pecel adalah makanan khas warga Kroya. Dan, jangan terheran-heran dengan istilah ”pecel rangkulan” karena rangkulan adalah akronim dari uRANG (rempeyek udang), seKUl (nasi), dan keLAN (sayur). Lebar Atmojo (77), seorang pensiunan pegawai PT Kereta Api di Stasiun Kroya, punya cerita soal pecel kroya. ”Kepala saya pernah dijendul (didorong) tentara Jepang gara-gara minta duit. Tentara itu tak mau bayar pecel,” kata Lebar, Senin (23/8). Pada hari itu, Lebar Atmojo berusia 10 tahun. Tiap hari dia membantu Yamini, neneknya, jualan pecel. Diakuinya, masa pendudukan Jepang merupakan masa tersulit sebab banyak dagangan pecel dirampas. Namun, setelah kemerdekaan, pedagang pecel kembali banyak. Dulu, kata Lebar, Stasiun Kroya malah seperti pasar. ”Apalagi waktu sepurnya (lokomotif) masih uap. Lama berhentinya

Pronamadu Penipuan atau Bukan?

PRONAMADU PENIPUAN ATAU BUKAN? Saat ini sedang hangat-hangatnya tentang munculnya lembaga independent non Pemerintah, non politik yang bernama Pronamadu (Program Nasional Masyarakat Terpadu). Lembaga ini didirikan oleh “Bunda” RA Amalia Ratna Ayu. Saya sendiri tidak tau siapa dia bagaimana orangnnya dan orang mana dia. Karena pada saat dicari dimesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Starpage dll. Tidak ada penjelasan berarti tentangnya. Lembaga ini tergolong berani, itu dari perekrutan yang dilakukan setara terang-terangan dan menurut info yang saya dapat, bahkan Lembaga ini belum ada ijin resmi dari Pemerintah. Menurut peraturan Menteri dalam Negeri no.5 tahun 2007. Lembaga Kemasyarakatan sebagaimana dimaksud, dapat dibentuk atas prakarsa masyarakat dan/atau alas prakarsa masyarakat yang difasilitasi Pemerintah melalui musyawarah dan mufakat. Dari point diatas dapat kita simpulkan pembentukan dari sebuah Lembaga Kemasyarakatan harus difasilitasi oleh Pemerintah. Dalam